PROPOSAL BISNIS
MULTIMEDIA MANAGEMENT PRODUCTION
A. Executive Summary
“Hidup semakin mudah dan cepat sekali berubah, itulah mungkin yang saat ini sering diutarakan masyarakat kita, masyarakat yang sedang menuju kepada perubahan sosial ilmu pengetahuan. Inikah dampak dari globalisasi?”. Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat menumbuhkan sebuah pola pikir di masyarakat kita saat ini yang semakin hidup konsumtif dan serba instant, kemudahan mendapatkan segala bentuk informasi, ketiadaan hambatan jarak dan waktu, dan kenyamanan akses sumber tersebut menjadi alasan utama yang mendasari akan adanya sebuah peluang bisnis yang menghasilkan.
Menjamurnya penggunaan internet, teknologi informasi dan berbagai media digital di berbagai instansi pendidikan, perusahaan-perusahaan dan pelatihan maupun kalangan masyarakat tersebut kini sudah tidak dapat diragukan lagi. Akan tetapi, ketika masyarakat kita yang sudah terlanjur mengadopsi perkembangan itu pernahkah berpikir untuk mengelola serta menggunakannya sesuai dengan kaidah dan etika berteknologi?.
Teknologi Informasi dan Elektronika telah menghasilkan sebuah industri baru yang disebut industri Teknologi Informasi dan Elektronika (untuk selanjutnya disingkat menjadi TIE). Industri TIE ini memiliki potensi pangsa pasar yang sangat besar dan bahkan menciptakan pola bisnis baru (new business models). Bahkan muncul istilah baru seperti “new economy”, “network economy”, “digital economy”, dan “x-economy”.
Multimedia Management Production, merupakan sebuah peluang bisnis yang berusaha memproduksi bermacam-macam media dan teknologi software tools yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang sesuai dengan keinginan penggunanya dalam artian sesuai dengan pesanan pasar. Jenis-jenis media yang diproduksi antara lain ; CD multimedia interaktif, media cetak, media suara, media visual-audio serta software tools komputer serta training multimedia.
Untuk menyiasati bisnis baru ini agar dapat berkembang lebih besar lagi perlu sebuah cara, yaitu :
B. Gambaran Umum Bisnis
Visi :
Memberikan layanan dalam perancangan, pembuatan, produksi dalam bidang media teknologi informasi.
Misi :
Segment Pasar :
Segmen pasar yang dibidik adalah :
Profit Bisnis :
Profit yang di dapat bisnis ini dari pesanan pembuatan produk media dan pendaftaran pelatihan.
Deferensiasi Bisnis Bidang-Bidang
Berbagai bisnis seperti ini mungkin sudah mulai berkembang di Indonesia saat ini, tapi yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lain yaitu adanya sebuah inovasi dalam proses pembuatan media yang menerapkan prinsip “up to costumer”, sehingga kami secara tidak langsung menjadi konsultan media sekaligus pembuat media. Dan kemudian setelah media tersebut jadi dapat disertifikasi sesuai dengan pesanan.
C. Potensi Bisnis
Kondisi Pasar Bisnis
Pertumbuhan bisnis produksi media dan training media terlihat belum berkembang begitu pesat di Indonesia, hal ini menjadi suatu tantangan dan sekaligus peluang bisnis. Permintaan pasar yang besar terhadap penggunaan media seiring terus berkembangannya ilmu dan teknologi membawa perubahan sebuah pola pikir di masyarakat kita saat ini yang semakin hidup konsumtif dan serba instant. Dan merubah aspek kehidupan yang tadinya tradisional menjadi digital. Hal ini dapat di lihat langsung misalnya; terus berkembangannya teknologi bagi pendidikan, perubahan di perusahaan dalam hal pelatihan yang menggunakan media digital sebagai salah satu sarana Diklat di perusahaan tersebut.
Penjelasan di atas adalah menjadi peluang bisnis dalam hal memfasilitasi dalam pembuatan produk media. Peluang bisnis ini semakin terbuka lebar mengingat perkembangan bisnis yang serupa belum begitu berkembang di sekitar kita.
Persaingan Saat Ini
Belum begitu banyak persaingan yang berarti dalam bisnis ini, mungkin yang perlu di waspadai dalam bisnis ini adalah harusnya adanya long commitment dalam upaya terus mengembangkan ide dan pengembangan tenaga ahli yang berkompeten.
D. Rencana Bisnis
Target Bisnis :
Kegiatan Usaha
Strategi Bisnis :
Resiko :
Antisipasi Resiko
Tawaran Investasi dan Kerjasama
Sistem Kerjasama
Penawaran Kerjasama
Kami Pihak Management Perusahaan “MULTIMEDIA MANAGEMENT PRODUCTION” bermaksud menawarkan kerjasama kepada Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan yang Bapak/Ibu kelola dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Sponsor Tunggal
Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan Anda adalah satu-satunya mitra kerja dalam penyelenggaraan kegiatan Kami.
Maka Kami telah menyediakan kontraprestasi sebagai wadah promosi Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan Anda. Maka sebagai sponsor tunggal, Kami percayakan kepada Instansi Pemerintah/Lembaga/Perusahaan Anda sebesar 25%.
2. Sponsor Utama
Kompensasi sebesar 10%.
3. Sponsor Pendamping
Kompensasi 5%.
Data Finansial
Infrastruktur
Penutup
Dalam membangun dan mengelola bisnis ini diperlukan sebuah SDM (sumber daya manusia) yang kompeten dan berkualitas sehingga dapat memberi pelayanan yang sesuai kepada pihak konsumen.
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Sponsorship
Kami yang bertanda tangan di bawah ini merupakan rekan bisnis yang menjalin kerja sama, dimana salah satu pihak merupakan pengelola multimedia management production yang memberikan tawaran kerjasama yang selanjutnya disebut pihak pertama. Dan satu pihak lagi merupakan sponsor yang menerima tawaran kerja sama yang disebut pihak kedua.
Demi keberlangsungan bisnis multimedia management production pihak pertama membutuhkan dukungan dana yang kemudian pihak kedua bersedia memberikan pencairan dana dengan ketentuan sebagai berikut :
Demikianlah surat perjanjian ini dibuat, hal-hal yang belum tercantum akan diatur kemudian. Perjanjian ini berlaku sejak perjajian ini ditanda tangani.
Bandung,………..20…
Pihak pertama, Pihak kedua,(…………………) (……………..)
Lampiran-Lampiran Lain
PROFIL PERUSAHAAN
Memberikan layanan dalam perancangan, pembuatan, produksi dalam bidang media teknologi informasi dan pendidikan.
Bentuk usaha bersama dinilai sangat sesuai, mengingat modal usaha yang cenderung cukup besar serta dengan bentuk usaha bersama maka masing-masing dapat saling memberikan partisipasi dalam mengembangkan usaha tersebut, dan setiap langkah yang diambil diharapkan dengan bersama ini dapat lebih matang dalam pengembangannya.
|
0 comments:
Posting Komentar